Manchester United

Senin, 01 Oktober 2012

10 Persen Penduduk Bumi adalah Fans United

Manchester United 1024x724 10 Persen Penduduk Bumi Fans United
Predikat sebagai klub terkaya dunia versi Forbes ternyata sebanding dengan jumlah fan mereka di seluruh dunia. Klub populer Inggris Manchester United mendapat predikat sebagai klub sepakbola dengan jumlah fan terbanyak. Tidak tanggung-tanggung, United didukung 659 juta penduduk Bumi, menurut riset yang dilakukan perusahaan global Kantar. Itu artinya, sekitar 10 persen atau 1 dari 10 orang penduduk Bumi merupakan fan Manchester United.

Survei tersebut mengumpulkan 54 ribu responden dari 39 negara di seluruh dunia. Kantar memberikan pertanyaan setiap responden klub sepakbola mana yang mereka dukung. Selain itu, perusahaan riset tersebut juga menemukan bahwa sepakbola masih menjadi cabang olahraga paling poluler , dengan 1,6 miliar orang menyukai olahraga ini.

“Manchester United dibangun dari ikon tradisi yang menjadi bagian klub, mulai dari pemain, tim keseluruhan, dan prestasi. Sebut saja Beckham, Busby, dan tim Manchester United era ’68 yang merajai Eropa saat itu,” kata Richard Arnold, Direktur Komersial Manchester United dalam situs resmi klub. Masih menurut Arnold, pertandingan Manchester United saat ini telah disiarkan di 1,15 miliar televisi di seluruh dunia, dengan audiens mencapai 4 miliar setahun. Jumlah itu meningkat dibanding musim lalu yang ‘hanya’ mencapai 2 miliar audiens.

Dari 659 juta pendukung tersebut, tim asuhan pelatih Alex Ferguson tersebut memiliki 71 juta pendukung di Amerika, 90 juta di Eropa, 173 juta di Afrika dan Timur Tengah, serta yang paling besar di Asia sebanyak 325 juta. Khusus di Asia, Manchester United memang memberi perhatian khusus. Selain bekerja sama dengan berbagai perusahaan, serta menjual hak siar pertandingan ke televisi-televisi Asia, United juga rajin menggelar tur Asia untuk memperluas pasar.

Riset serupa pernah dilakukan Kantar pada 2007 lalu. Dibanding riset pada 2012 ini, pendukung United di seluruh dunia meningkat dua kali lipat dibanding riset yang dilakukan 5 tahun lalu tersebut.
Do you Like this story..?

Get Free Email Updates Daily!

Follow us!

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

Author: Ach. Anshori
Ach. Anshori is a founder and author of Uniteds19. I also a student, blogger, dreamer, planner, and United's loyal supporter from Indonesia. Read More →

0 komentar: